Pepatah Afrika



















Setiap kali saat fajar menyingsing seekor rusa terjaga,
ia tahu hari ini ia harus lari lebih cepat dari seekor singa yang tercepat,
jika tidak ia akan terbunuh.

setiap kali saat fajar menyingsing seekor singa terbangun dari tidurnya,
ia tahu hari ini ia harus mampu mengejar rusa yang paling lambat
jika tidak, ia akan mati kelaparan.

tak masalah apakah kau seekor rusa atau seekor singa,
karena setiap kali saat fajar menyingsing sebaiknya engkau mulai berlari!!

Persepsi bahwa "Rumput tetangga lebih hijau dari rumput kita", bisa membantu kita membangun pengertian yang lebih tajam mengenai keefektifan pribadi dan organisasi kita, 
dengan memperhatikan bagaimana budaya lain mengungkapkan kesimpulan mereka tentang hidup dan upaya untuk mengisi kehidupan dengan keberhasilan.

Berikut adalah tujuh contoh pepatah dari Afrika 

Tidak akan ada binatang buruan yang akan dibawa pulang oleh pemburu yang hanya mengendap-endap mengikuti buruannya. 

Sesaat atau mungkin telah lama, sebagian dari kita berlaku seperti itu dalam karir dan bisnis kita. Bekerja keras menyusun visi, misi, dan rencana kerja, tetapi tidak membangun kemampuan untuk memaksimalkan keberhasilan membuat pelanggan membeli. 

Tidak akan kita temukan kotoran sapi di mana sapi tidak lewat.

Yang ini jelas sekali, tetapi banyak orang berkarir persis seperti yang digambarkan oleh pepatah ini.  Maksudnya ingin jadi orang pangkat, tetapi dia di tempat pangkat tidak diberikan.   
Maksudnya jadi orang pandai, tetapi dia di tempat orang pandai dikucilkan.  Maksudnya jadi kaya, tetapi dia bekerja di perusahaan yang menua yang dipimpin oleh orang yang tidak mau belajar.

Orang yang tinggal di dekat pemakaman, tidak akan menangis untuk, setiap kematian.

Setelah semua kesalahan, kerugian, kekalahan, dan kehilangan yang kita alami dalam karir dan hidup ini; seharusnya kita telah ahli dalam mencegah air mata mengaburkan kejelasan pandangan kita, baik dalam pikiran atau perasaan.

Apakah pisau jatuh ke semangka, atau semangka jatuh ke pisau; semangka tetap menderita.

Sebisa mungkin, hindarilah pertikaian dengan siapapun. Terkadang kedudukan kita membuat kita berlaku seolah kita tidak akan turun.   
Terkadang ukuran badan dan uang kita membuat kita lebih berani. Tetapi percayalah bahwa penyelesaian melalui persahabatan selalu lebih baik.

Dia yang mengatakan yang sebenarnya, akan dikejar keluar dari sembilan desa.

Masyarakat sebetulnya tahu pasti apa yang benar dan siapa yang jujur; tetapi reaksi pertama mereka kepada yang berani mengatakan yang tidak biasa, adalah penolakan. 
Penolakan yang kemudian bisa tumbuh menjadi penghukuman.  Itu sebabnya langit memberikan penghargaan yang tinggi kepada dia yang menasehatkan kebenaran dengan cara yang baik dan sabar.

Luka yang paling berbahaya adalah luka yang berdarah ke dalam.

Kesalahan mengucapkan kata bahasa asing dapat segera dikenali dan diperbaiki. Tetapi seseorang dengan perasaan iri, rendah diri, dan kebencian yang ditutupi dengan kepura-puraan; tampil seperti orang sakit yang tidak diketahui sakitnya.   
Dia membuat sari-sari baik kehidupan tidak betah, dan kemudian merambat ke luar meninggalkannya.

Pisau cukur mungkin lebih tajam daripada kampak, 
tetapi pisau cukur tidak bisa memotong pohon.

Seorang cendikia tidak bisa disebut cerdik, bila dia merendahkan orang yang tidak tahan berlama-lama mengejar gelar, karena panggiIan hatinya untuk membangun keahlian dalam pekerjaan nyata.
Pandai saja tidak cukup. Kita harus menjadikan kepandaian itu bagian nyata dari sebuah proses kerja yang melekat pada kepentingan untuk mencapai kualitas karir dan hidup yang baik.

Tidak ada yang bisa mengalahkan ketepatan yang bertenaga
 

©Copyright 2011 Kelopak Teratai | TNB